CLOSE
CLOSE
agungjaka
nugraha.com

Pulau Menjangan, Surga Diving di Bali Barat

By
Advertisement

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan. Memang benar Indonesia ini begitu indah dengan beranekaragam alam yang masih terjaga kelestariannya. Diantaranya adalah dengan adanya Taman Nasional di bumi pertiwi yang mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, yang akan memanjakan para penikmat dunia pariwisata dengan kekayaan alam nan masih perawan. Tak juga halnya dengan Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Meru Betiri dimana didalamnya kita kenal tempat-tempat wisata air seperti, Pantai Sukamade, Pantai Rajegwesi, dan Pantai Teluk Hijau, serta Taman Nasional Alas Purwo dimana kesemuanya berada di Banyuwangi.

Namun kali ini saya akan mengajak anda menengok sebuah taman nasional, tepatnya di Bali Barat dibagian utara. Yah, namanya adalah Taman Nasional Menjangan dimana tempat tersebut mempunyai keunikan-keunikan yang akan membuat anda penasaran untuk pergi kesana, juga dikawasan tersebut terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Menjangan.

Pulau Menjangan, Surga Diving di Bali Barat

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat

Mungkin nama pulau ini terdengar asing bagi anda, bisa juga karena namanya tertutup oleh kepopuleran pulau Karimunjawa atau Raja Ampat di Papua. Terletak di Desa Sumber Klampok, Gerokgak, sekitar 55 km dari kota Singaraja, Bali, Wisata Pulau Menjangan menyimpan sejuta keindahan. Diantaranya pasir pantai nan putih bersih serta air laut yang jernih, sehingga bisa dipakai untuk snorkeling. Pulau ini memiliki luas kurang lebih 175 ha terdiri atas karang, batu batuan vulkanik serta tanah vulkanik. Adapun penamaan pulau tersebut karena setiap musim kawin banyak kawanan rusa liar berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil.

Terdapat didalamnya sebuah pura kuno bernama Pura Segara Giri Dharma Kencana yang dibangun untuk menghormati jasa Dang Hyang Sidddimantra ,dimana menurut mitos Dang Hyang Siddhimantra menorehkan tongkatnya untuk membelah pulau Jawa dan Bali. Sehingga terciptalah Pulau Menjangan.

Pulau tak berpenghuni ini memiliki sekitar 45 jenis terumbu karang, 32 jenis ikan karang dan 9 moluska laut. Dengan keadaan air laut nan tenang menjadikan pulau menjangan sebagai tempat hidup bagi tuna, penyu laut, gerombolan, batfish, angelfish, jackfish, atau bahkan ikan hiu. Adapun salah satu ikan terkenal disekitar perairan ini adalah Mandarine Fish, gerakannya sangat indah meliuk-liuk bak penari, warnanya juga sangat indah dan layak diabadikan dengan bersnokeling.

Spot Diving dan snorkeling Pulau Menjangan

Anchor Wreck

Berkedalaman sekitar 45 meter, dapat kita bangkai kapal dengan jangkar berkarat. Kapal tersebut adalah kapal budak yang telah tenggelam pada abad 19. Konon dahulu dipakai untuk mengangkut budak menuju ke Batavia. Pada bagian kapal ini akan kita temukan beberapa peti yang isinya berupa botol dan keramik. Anda perlu berhati-hati menyelam pada titik ini, karena besar kemungkinan akan ditemui ikan hiu dan juga penyu laut.

Eel Gardens

Merupakan spot diving paling indah dan paling dicari, terletak dibagian barat Menjangan. Dengan kedalaman sekitar 40 meter, kawasan ini banyak terdapat gorgonia, jenis biota dan tumbuhan laut lainnya. Tempat ini merupakan spot diving terbaik disekitar Menjangan.

Secret Bay

Merupakan tempat bagi para makro-fotografer, video-operator dan ahli biologi kelautan. Kedalamannya begitu dangkal tidak lebih dari 9 meter. Titik penyelaman ini memiliki dasar laut berupa pasir vulkanis yang berlumpur dan berwarna abu-abu. Di tempat ini merupakan habitat dari biota laut langka dan endemik.

Selain sebagai spot diving dan snorkeling, Pulau ini juga dijadikan sebagai tempat konservasi burung Jalak Bali yang belakangan mulai langka. Burung yang hampir punah tersebut ditemukan oleh ahli burung berkebangsaan Inggris bernama Baron Stressmann pada tahun 1911. Untuk melindunginya dari kepunahan, saat ini disana diadakan usaha konservasi demi menjaga kelangsungan hidup burung yang sering dijadikan objek buruan tersebut. Keunikan Burung Jalak Bali terletak pada bulu dan bentuk matanya yang memang memesona. Mungkin karena alasan inilah banyak orang yang berhasrat untuk memburu burung unik tersebut.

Demikian informasi tentang Wisata Pulau Menjangan, jika anda tertarik mengunjunginya silakan lihat postingan Trip Kawah Ijen Menjangan Baluran 3 hari 2 malam. Untuk harga dan pemesanan paket wisata banyuwangi silakan menghubungi kontak kami.

Wisata Pulau Menjangan Bali Barat